Wawancara Dengan Nadira Titalia (Miss Indonesia Online)


Ajang Miss Indonesia 2013, nyatanya memang membuka banyak peluang untuk Nadira Titalia, Miss Indonesia Online sekaligus TOP 10. Dia bahkan merekomendasikan Miss Indonesia sebagai salah satu pageant yang tepat untuk memuluskan langkah menuju cita-cita. Ada banyak pengalaman berharga dia temui selama masa-masa karantina, dari kedewasaan hingga pengalaman unik dengan heels. Selain aktif sebagai mahasiswa dia juga aktif berkegiatan sosial. Untuk mengetahui kegiatan Nadira pasca gelaran MI 2013, simak wawancara kami selengkapnya.

DMIdaMW : Hallo Nadira, ini interview kita untuk pertama kalinya, bagaimana kabar?
Nadira          : Hai DMIdaMW, alhamdulillah kabar baik

DMIdaMW : Sekarang lagi sibuk ngapain nih?
Nadira       : Setelah resign dari MNC Lifestyle sebagai host di bulan September lalu, sekarang saya sedang fokus kuliah. Saat ini saya tercatat sebagai mahasiswi di Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Indonesia. Saya baru saja mengakhiri semester 7 dan menyelesaikan proposal skripsi. Insya Allah lulus di pertengahan 2014. Mohon doa-nya ya teman-teman DMIdaMW
Selain kuliah saya juga masih aktif modeling, runway dan foto. Saya juga menjadi pengajar dalam program Adik Asuh yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa HI, serta menjadi pengurus divisi Seni dan Budaya di Ikatan Abang-None Jakarta Timur.

DMIdaMW : Sebagai TOP 10 sekaligus Miss Online, bagaimana perasaannya? Oh ya sebenarnya Miss Online itu apa sih, banyak member masih penasaran soalnya? 
Nadira       : Tentunya saya amat bersyukur telah dipercayakan untuk menyandang dua gelar tesebut. Selama masa karantina, saya melihat teman-teman finalis lainnya memiliki sesuatu yang membedakan satu sama lain. Mereka tidak hanya cantik dan memililki postur yang tinggi, tetapi juga memiliki kepribadian yang santun dan bakat yang luar biasa. Sehingga untuk dipercaya menyandang gelar Miss Online dan TOP 10 merupakan pengalaman yang menakjubkan.
Jadi di ajang Miss Indonesia terdapat dua cara untuk mem-vote finalis, yaitu dengan menggunakan jasa SMS dan Internet. Bagi finalis yang mendapatkan angka vote tertinggi via SMS, gelar yang diberikan adalah Miss Favorite (Jovita Dwijayanti – Jawa Tengah). Dan saya mendapatkan angka vote tertinggi yang diberikan via Internet sehingga mendapatkan gelar Miss Online J

DMIdaMW : Kala itu, katanya ikut Miss Indonesia secara diam-diam ya? Kenapa? Bisa diceritakan sedikit pengalaman dan alasan mengikuti Miss Indonesia?
Nadira        : Hehe iya diam-diam. Kalau ditanya kenapa saya juga kurang bisa mejawab alasan yang tepat. Mungkin lebih ke arah tidak mau merepotkan kerabat apabila saya memberitahukan bahwa saya akan mengikuti audisi. Inginnya nanti saja kalau sudah terpilih sebagai finalis baru saya beritahukan.
Ketika itu saya mengikuti audisi Miss Indonesia di kantor RCTI yang berada di kawasan Kebon Jeruk. Saya datang jam 8 pagi dan ketika itu sudah banyak wanita cantik yang sibuk mengisi formulir, difoto, dan juga diukur tinggi dan berat badannya. Mereka semua mengenakan heels yang tinggi dan dress yang bagus-bagus. Sedangkan saya hanya mengenakan blus putih, rok hitam selutut, dan heels 7 cm. Langsung lah saya minder saat itu hehe. Tetapi para peserta audisinya baik-baik, beberapa dari mereka masih berhubungan baik dengan saya sampai saat ini. Mereka amat mendukung dan ikut menyemangati saya ketika saya terpilih menjadi salah satu finalis Miss Indonesia 2013.

DMIdaMW : Bisa sampai TOP 10 sekaligus peraih gelar atribut, termasuk sukses. Kira-kira nih, bisa bagi tips nggak, kepada calon peserta Miss Indonesia, apa sih rahasianya bisa sukses?
Nadira        : Saya tidak pernah melihat siapapun sebagai saingan. Ajang Miss Indonesia ini saya pandang sebagai jalan untuk mendapatkan teman-teman dan pengalaman baru. Sehingga ketika menjalani audisi, karantina, dan penjurian, akan terasa lebih mudah. Tentunya juga dengan mempersiapkan dengan matang hal-hal yang dibutuhkan selama karantina.  Kalau sudah ada persiapan dan kita-nya sendiri juga santai, maka kita juga akan lebih percaya diri. Terakhir, selalu berdoa dan meminta yang terbaik dari Tuhan.

DMIdaMW : Pengalaman unik dan paling tidak terlupakan selama masa karantina?
Nadira      : Waktu kunjungan ke MNC Tower, saya mengenakan dress dan heels yang cukup tinggi. Karena tidak terbiasa mengenakan heels yang setinggi itu, saya jatuh di parkiran. Spontan, panitia penyelenggara langsung mengerubungi saya dan mengobati luka di lutut saya hehe. Sejak saat itu kak Ritchie (head capherone Miss Indonesia –red) jadi sering mengawasi saya kalau berjalan melewati jalan-jalan yang sulit dilewati.

DMIdaMW : Kalau boleh tahu kegiatan dan bekal apa saja yang diterima selama masa-masa karantina? Pesan apa yang paling diingat dari ibu Liliana selaku founder YMI dan kak Ritchie, selaku ketua capherone?
Nadira       : Selama karantina, saya sangat terinspirasi oleh ibu Liliana, beliau merupakan sosok wanita Indonesia yang menginspirasi. Tidak hanya cantik secara fisik, tetapi juga beliau memiliki jiwa sosial yang tinggi. Karena hal tersebut saya jadi tergerak untuk melakukan sesuatu yang berguna pasca karantina. Gelar fast track – Beauty with A Purpose yang saya dapatkan pada ajang Miss Indonesia ini juga membuka mata saya bahwa banyak orang-orang tua yang butuh perhatian. Setelah karantina usai, saya pergi ke daerah Salemba untuk mengunjungi panti jompo bagi para Veteran bersama dengan teman-teman. Selain memberi bantuan, kami juga menghabiskan waktu bercerita dengan kakek dan nenek yang ada di sana. Dari pengalaman tersebut, saya bercita-cita untuk membuka rumah persinggahan bagi para orang tua yang jauh dari kerabatnya.
Kalau pesan dari kak Ritchie yang paling diingat tentu tentang cara berjalan yang baik dan bagaimana kita harus menjaga MISS (Manner – Impressive – Smart – Social) dalam diri kita pasca karantina. Selain itu, di akhir karantina kak Ritchie juga berpesan bahwa ada banyak cara untuk menjadi wanita Indonesia yang menginspirasi dan karantina Miss Indonesia merupakan awal untuk memulainya.

DMIdaMW : Miss Indonesia membuka begitu banyak peluang. Itu kata Ajeng Kamaratih, Amanda Zevanya, dan Inesh Putri J kira-kira nih peluang apa saja yang sudah terbuka pasca mengikuti Miss Indonesia?
Nadira     : Peluang yang saya dapatkan pasca mengikuti ajang Miss Indonesia adalah terbukanya kesempatan untuk berkarir di dunia modeling dan televisi. Saya banyak berlatih cara menampilkan diri di depan kamera dan mengasah kemampuan catwalk dan berpose. Jadi secara tidak langsung, kemampuan saya untuk berbicara di depan publik serta membawa diri juga semakin terasah. Itu merupakan hal yang amat berharga yang saya dapatkan. Ajang ini membuka banyak peluang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki.

DMIdaMW : Bagaimana keikutsertaan dalam Miss Indonesia memberikan efek terhadap kepribadian Nadira? Apa harapan yang belum tercapai? 
Nadira          : Keikutsertaan saya dalam ajang Miss Indonesia membawa dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Karena, selama karantina saya terbiasa untuk menyelesaikan masalah sendiri, saya menjadi lebih dewasa dalam menghadapi masalah yang saya temukan sehari-hari.
Saya berharap, pengalaman dan teman-teman yang saya dapatkan setelah mengikuti ajang ini akan tetap terjaga.

DMIdaMW : Terkahir, apa nih yang mau disampaikan kepada DMIdaMW familySay hallo, spesial statement, or otherJ
Nadira        : Kepada DMIdaMW family, khususnya para wanita, tingkatkan terus kepercayaan diri kalian. Jangan mudah minder dan asah terus kemampuan serta bakat yang kalian miliki. Apabila di antara kalian ada yang berminat untuk bergabung dalam dunia pageant, Miss Indonesia merupakan ajang yang tepat untuk mengolah bakat yang kalian miliki. Sukses untuk kalian semua!

Terima kasih Nadira, semoga sukses selalu dan apa yang diharapkan bisa segera terealisasi. J Salam hangat, dari DMIdaMW family.


Interviewer: Okta Adetya


CURICULLUM VITAE
Personal Details
Full Name                   : Nadira Titalia
Place. Date of Birth     : Jakarta, 28 June 1992
Height, Weight            : 170 cm, 52 kg
Religion                      : Islam
Email                          : titalia.nadira@gmail.com

Educational Background
1996-1998                   : TK Islam Al Azhar 11, Bekasi
1998-2004                   : SDI Al Azhar 9, Bekasi
2004-2007                   : SMPI Al Azhar 8, Bekasi
2007-2010                   : SMAN 81, Jakarta
2010-enrolling              : International Relations (S1 studies), University of Indonesia

Course and Education
2000-2002                   : English Language Course at Victory English Plus, Bekasi
2007-2009                   : English Language Course at LBPP LIA, Bekasi
2009-enrolling              : France Language Course at CCF, Jakarta
2013-enrolling              : Mandarin Language Course at Lembaga Bahasa Universitas Indonesia, Jakarta

Organization Experience
11.      General Treasurer at Majelis Perwakilan Kelas SMP1 Al Azhar 8 period Nov 2005-Oct 2006
22.      President at 81 English Debating Society SMAN 81 Jakarta period July 2008-June 2009
33.      AIESECer at Local Committee Universitas Indonesia period April 2011-active
44.      General Secretary at Gelar Apresiasi Seni Teater Kolam FISIP UI period March 2011-April 2011
55.      Head of Delegate Relations at Indonesia Model United Nations (PBB) 2011 period March 2011-Oct 2011
66.      Member at Ikatan Abang None Jakarta period June 2011-active
77.      General Treasurer at Ikatan Abang None Jakarta Timur 2011 period August 2011-Sept 2011
88.    Head of Social Events at Indonesia Model United Nations 2012 period November 2011-October2012
99.    Head of Public Relations and Publications Team at “Global Festival 2012” held by Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional, UI period April 2012-November 2012
110.  Head of Public Relations and Publications Team at The 25th Annual Meeting of International Relations Student in Indonesia period May 2013 – November 2013
11.  Staff at Art and Culture Division , Ikatan Abang None Jakarta Timur period Desember 2013-Desember 2015

Working Experience
11.      Talent at Indonesian Funtastiq Squad, Road to USA, organized by TVRI & U.S. Embassy Jakarta period November 2007-September 2008
22.      Master of Ceremony (Full English) at “Cultural Night” held by Jakarta Model United Nations 2011 at June 29th 2011
33.      Master of Ceremony (Full English) at “Kampoeng Indonesia” held by Pakubuwono Residence at August 17th 2011
44.      Talent (catwalk model) at Fashion Show “Batik Summit 2011” at Museum Textille at September 21st 2011
55.      Talent (catwalk model) at For Rumah Betawi by R. Emma Damayanti at Kampung Betawi, Situ Babakan at December 25th 2011
66.      Talent (catwalk model) at For Rumah Betawi by R. Emma Damayanti at Twin Plaza Hotel at January 12th 2012
77.      Master of Ceremony (Full English) at “Green Workshop, Jakarta Model United Nations 2012” held by International Students Association for International Studies (ISAFIS) at July 9th 2012
88.      Master of Ceremony (Full English) at International Short Course by MKI at Dharmawangsa Hotel at July 17th 2012
99.      Talent (catwalk model) at Canvas Label, Alexa (lexa), and Kamilldea at UI Fashion Week 2012 at September 1st-2nd 2012
110.  Talent (catwalk model) at For Rumah Betawi by R. Emma Damayanti at Lebaran Betawi Fashion Show at September 10th 2012
 11.  Speaker at Motivational Dialogue on Culture and Organization in FMIPA UI at October 10th 2012
112.  Talent (catwalk model) at For Josephine Wanger at festi France 2012 at November 22nd 2012
113.  Talent (catwalk model) at Fashion Show at Shangri-La Hotel at December 7th 2012
114.  Talent (catwalk model) at BAES Adi Mulyadi at Wedding Fair, Balai Samudera at April 13th 2013
115.  Talent (catwalk model) at For Rumah Betawi by R. Emma Damayanti at Twin Plaza Hotel at April 23rd 2013
116.  Speaker at Motivational Dialogue in “Pemilihan Abang-Mpok Depok 2013” at May 25th 2013
117.  Talent (Face Model) at Make Up by Brigitta Make Up Artist at May 26th 2013
118.  Master of Ceremony (Full English) at “Cultural Night” held by Jakarta Model United Nations 2013 at June 19th 2013
119.  Talent (catwalk model) at Fleur de Vy, Selvanny, TDF by Tia Djamal Fathiyah, and Radhiska Hijab at UI Fashion Week 2013 at june 27th-30th 2013
220.  Presenter at Today’s Special at MNC Lifestyle, ch. 86 Indovision at July 2nd-3rd 2013
221.  News Anchor at Morning C News at MNC Lifestyle, ch. 86 Indovision period July-Aug 2013
222.  Presenter at C News at MNC Lifestyle, ch. 86 Indovision period July-Aug 2013
223.  Presenter at Update 9 at MNC Lifestyle, ch. 86 Indovision period July-Aug 2013
224.  Presenter at Spotlight at MNC Lifestyle, ch. 86 Indovision period July-Aug 2013
225.  Master of Ceremony at launching Tower “Grand Royal” at Kebagusan City Apt at August 23rd 2013
226.  Lecturer Assistant at US Security and Foreign Policy at Int Relations Studies Dept., FISIP UI period September-December 2013
227.  Lecturer Assistant at Modern Diplomacy at Int Relations Studies Dept., FISIP UI period September-December 2013
228.  Master of Ceremony (full English) at Conference of Indonesian Electrical Power Society @JIExpo at September 4th 2013
229.  Training Assistant and Bussines Development Assistant at ATD Solutions period September-October 2013
330.  Master of Ceremony (full English) at Public Lecture, “The Role of Asia in Global Economy,” by Asian Development Bank at UI at October 10th 2013
331.  Master of Ceremony at Pagelaran Tari KTF UI Rasha Sarisha, “Nari mataya Lokatara” at Gd. Sapta Pesona at October 5th 2013
332.  Talent (catwalk model) at Festival Etnik & Heritage Jakarta Baru, Kota Kasablanka at December 8th-9th 2013

Achievment
11.      Top 10 Miss Indonesia 2013
22.      Miss Beauty with a Purpose - Miss Indonesia 2013
33.      Miss Online (Voted by internet users on missindonesia.co.id) in Miss Indonesia 2013
44.      Semi-Filnalist for HiLo Green Ambassador 2012
55.      Finalist for Abang None Jakarta Timur 2011
66.      Delegate for Nanyang Technological University Model United Nations, Singapore 2011
77.      Delegate for Indonesia Model United Nations, Depok 2010
88.      Top 6 for East Jakarta flag carrier (pembawa baki), Jakarta, 2009.
99.      Best Speaker in Indonesia n Funtastic Squad English competition, Trip to USA, 2008.
110.  Winner for Indonesian Funtastic Squad English competition, Trip to USA, 2008.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Lebih Dekat Miss Indonesia 2014 Lewat Ibunda

TOP 16 BEST MEMBER DMIdaMW