Interview With Kristania Virginia Besouw



Menjadi perwakilan Indonesia di ajang Miss World untuk pertama kalinya, tentu membuat gadis kelahiran Manado ini patut berbangga diri. Dunia entertainment yang sebenarnya terbuka lebar tidak terlalu menggiurkan baginya. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa ketenaran bukan hal utama bagi seorang Miss, karena popularitas baginya adalah pilihan. Ya..dia adalah Kristania Virginia Besouw, Miss Indonesia 2006. Bagaimana kegiatannya pasca berada di USA? Simak interview lengkap tim kami. 

DMIdaMW     : Hai Kristania, lama sekali tidak ada kabar, bagaimana kabarnya sekarang?
Kristania          : Hello DMIdaMW, aku kabar baik terima kasih.

DMIdaMW     : Sedang disibukkan dengan sesuatu?
Kristania          : Sibuk kuliah aja. Barusan selesai sekolah jadi Registered Nurse (RN) di sini, sekarang lagi konsen belajar lagi buat ujian national board-nya (NCLEX).

DMIdaMW     : Oh ya, ketika memutuskan untuk mengikuti Miss Indonesia 2006, apa yang mendorong Kristania? Sudah memiliki basic di bidang modeling misalnya?
Kristania          : Aku mulai suka ikut modeling dan masuk agency di Manado dari tahun 2002. Selain modeling, aku mulai ikut pemilihan-pemilihan, seperti Puteri Bahari Sulut 2002 (2nd Runner up), Nyong-Nona Manado 04, Nyong-Noni Sulut 04 (1st runner up). Setelah pemilihan Nyong-Noni Sulut, langkah selanjutnya adalah pemilihan tingkat national. Selain itu, aku juga ingin buktikan bahwa aku bukan cuma bisa modeling aja. Dengan mengikuti ajang Miss Indonesia, aku tertantang untuk memperluas wawasan dari berbagai hal. Selain memperluas wawasan, untuk jadi MI juga harus punya hati yang baik. Pokoknya overall beauty. inside-outside.

DMIdaMW     : Hmm…menjadi Miss Indonesia kedua setelah Imelda Fransisca dan menjadi perwakilan Indonesia pertama di ajang Miss World, bagaimana perasaannya?
Kristania          : Perasaannya bangga tapi gugup sekali karena aku belum tahu banyak tentang ajang international. Waktu ikut pemilihan MI, aku fokusnya untuk menang mahkota MI, tapi enggak kepikiran harus siap untuk MW juga. Waktu dinobatkan sebagai MI 06, aku cuma ada waktu 1 bulan untuk persiapan ke MW.
Bebannya berat karena aku harus membanggakan bukan cuma masyarakat Sulut, tapi juga untuk negaraku Indonesia. Menjadi MI pertama untuk ajang MW juga sangat  mengesankan. Kita belajar banyak hal dari pengalaman pertama ini; mulai dari jangan bawa 8 koper sampai bagaimana Crew MNC bisa dapat pass untuk liputan. Aku bersyukur sekali dengan kesempatan itu.

DMIdaMW     : Apa yang paling berkesan, ketika mengikuti ajang tersebut?
Kristania          : Yang paling berkesan adalah waktu aku kenalan dengan banyak peserta lain dan tahu lebih banyak tentang latar belakang mereka, budaya dan karakter mereka. Masing-masing peserta punya cerita hidup yang menginspirasi aku untuk harus lebih maju.

DMIdaMW     : BWAP menjadi program unggulan di Miss World dan dulu Kristania seringkali mengikuti event charity.  Kalau boleh tahu apa sekarang di sana masih sering terlibat kegiatan-kegiatan sosial?
Kristania          : Sekarang aku konsentrasi kuliah karena program nursing menyita banyak waktu untuk belajar. Tapi suatu hari nanti kalo aku dan suami udah settle down di sini, DMIdaMW pasti dengar kabar dari aku. Aku punya banyak ide-ide untuk suatu hari nanti bisa give back to my town Manado dan Sulut.

DMIdaMW     : Banyak member DMIdaMW yang mungkin bertanya-tanya, sebenarnya Kristania masih WNI atau sudah pindah kewarganegaraan? Kangen nggak sih dengan Indonesia? Kapan terakhir pulang?
Kristania          : Kangen banget sama Indonesia. Belum pernah pulang dari tahun 07. Aku masih WNI. Di US pake student visa.

DMIdaMW     : Sebenarnya apa yang mendasari Kristania, sehingga memutuskan untuk pindah ke US? Selain belajar dan meraih gelar di bidang keperawatan  tentunya?
Kristania          : Aku suka tantangan untuk lebih pintar dan memperluas wawasan. Waktu datang ke US aku baru tahu ternyata profesi nursing itu sangat dihargai di sini. Aku ingin buktikan bahwa aku bisa berprestasi di bidang akademik. Selain itu, enggak semua orang bisa jadi perawat. Harus pinter dan punya rasa kemanusiaan yang besar dan suka melayani. Aku pengen belajar tentang sistem kesehatan di US dan mudah-mudahan kalau Tuhan berkenan suatu hari nanti, aku bisa ke Indonesia untuk memberi masukan di sistem kesehatan yang menurut saya perlu banyak perkembangan. Misalkan saja kasus Dr. Ayu di Manado. Pendapat masyarakat terbagi dua. Pro- dokter dan pro-pasien yang sudah meninggal. Padahal yang harus disalahkan adalah sistem di Indonesia. Di Indonesia pasien harus punya duit baru bisa dilayani. Coba kalo ada sarana di mana masyarakat kurang mampu bisa dilayani. Paling tidak untuk kasus gawat darurat seperti ibu-ibu yang mau melahirkan atau stroke yang mengancam jiwa pasien.
Aku suka sistem di US. Bukan dalam bidang kesehatan saja tapi dalam banyak hal. Kalau mau dijelaskan di interview ini nanti kepanjangan. J

DMIdaMW     : Kenapa sih tidak memilih terjun ke dunia entertainment, padahal sebagai jebolan ajang pageant, jalan tersebut terbuka lebar?
Kristania          : Selama menjabat sebagai MI di Jakarta, aku memilih untuk tidak lanjut di bidang entertainment karena rasanya it’s not for me. Aku tetep masih suka photoshoot di sini tapi buat hobby aja. Aku bersyukur dengan peluang di Indonesia yang sebenarnya bisa ku jalani. Tapi aku mau tetap tertantang untuk menjadi lebih baik. Di US aku start dari zero lagi, di bidang health care. Kalau sudah sukses nanti, pasti jadi inspirasi buat banyak orang. J Cita-citaku untuk be the best I can be, not just being famous.

DMIdaMW     : Saat ini tengah dilangsungkan audisi Miss Indonesia 2014, apa kiat dan tips sukses Kristania dalam mengikuti ajang ini?
Kristania          : Luaskan wawasan. Kembangkan potensi diri. Jadilah unik dan banggalah terhadap dirimu sendiri. Stay humble. Work hard. Jangan malu-malu nanti nyesel sumur hidup. J

DMIdaMW     : Terakhir, please say something for DMIdaMW family, yang kebanyakan sudah kangen dengan Kristania J
Kristania          : Hi temen-teman DMIdaMW. Terima kasih atas supportnya buat Miss-Miss kita. Ayo kita dukung terus Miss Indonesia yang selanjutnya. One day you’ll hear from me again. Mohon doanya buat aku di sini yang udah kangen banget sama Indonesia especially Manado. J Love you all!!! xoxo

Terima kasih Kristania atas waktunya, semoga sukses selalu J God bless you, salam hangat dari kami.

Nama: Kristania Virginia Besouw
TTL:    Manado, 7 Mei 1985
Sekolah:
·            TK Kombi, Kecamatan Kombi. Sulut
·            SDN Kombi, Kecamatan Kombi, Sulut
·            SDN TNI-AL Pondok Labu 07-Jkt
·            Pakistan School Beijing- China
·            Beijing 55 International School, China
·            SMP Kr. Eben Haezar 02 Manado-Sulut
·            SMU Kr. Eben Haezar Manado- Sulut
·            International Busines Administration IBA, Universitas Sam Ratulangi Sulut (03-06)
·            Golden West College, Hungtington Beach. California (08-09)
·            Colby Community College, Kansas (09-13)
Hobby: Gym, cooking, reading

Interviewer: Okta Adetya

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wawancara Dengan Nadira Titalia (Miss Indonesia Online)

Mengenal Lebih Dekat Miss Indonesia 2014 Lewat Ibunda

TOP 16 BEST MEMBER DMIdaMW